Koneksi PLC Omron CJ2M dengan Wonderware InTouch

Beberapa waktu yang lalu saya diminta sebuah perusahaan untuk membantu mengkoneksikan PLC Omron CJ2M dengan Wonderware InTouch. Berikut ini dokumentasi singkat percobaan saya.

Untuk terkoneksi dengan PLC Omron CJ2M, perlu dilakukan beberapa setting pada Wonderware InTouch dan DA Server (Omron FINS Serial).

Setting di Wonderware InTouch

Di Wonderware InTouch, pada tag yang digunakan sebagai I/O tag dari PLC, berikan access name berikut :

  • Access Name : bebas
  • Node Name : nama komputer dalam jaringan (bisa dikosongi jika aplikasi hanya 1 komputer)
  • Application name : DASOMFINSSerial
  • Topic Name : bebas (disarankan sama dengan access name)

Kemudian pada bagian item name dari I/O tag tersebut isikan alamat PLC dengan setting sebagai berikut

  • Item name : CIOxxxx.pp , misal : CIO0000.01

Selain itu juga perlu dilakukan pengaturan pada bagian DA Server

Setting di DA Server

DA Server merupakan pengganti/pelengkap I/O Server yang selama ini digunakan InTouch untuk terhubung dengan PLC. Untuk DA Server lokasi berada di System Management Console/SMC (bisa diakses dari icon dalam menu program Wonderware). Perhatikan gambar berikut.

Berikut ini tampilan DA Server bagian Omron Fins Serial.

Berikut ini panduan setting DA Server dari help SMC (dalam bahasa Inggris) dengan beberapa gambar penjelas yang saya tambahkan.

Checklist for Setting up a DAServer
If you are setting up a DAServer for the first time, perform the following tasks in the order listed:
1. Review the items.
2. Locate the DAServer in the System Management Console (SMC).
3. Configure the global parameters.
4. Add a channel.
5. Set the channel parameters.

6. Add a device.
7. Set the device communication parameters.

8. Add one or more device groups.

9. Add device items.
10. Activate the DAServer.

11 Access data from the client, including specifying device item references.
12 Troubleshoot any problems. 

Demikian hasil belajar saya, semoga berguna untuk Anda!

Sumber : Wonderware DAServer for Omron FINS Serial User’s Guide

About these ads

35 comments on “Koneksi PLC Omron CJ2M dengan Wonderware InTouch

  1. mas handy, kalo PLCnya menggunakan FESTO, bagaimana ya mengkoneksi dengan wonderware nya? trus mau tanya, klo wonderware tu menggunakan suitelink atau DDE? trims sebelumnya… :D

    Suka

    • Mas Dimas, saya tidak punya pengalaman dengan Festo. Tapi dari googling sekilas, bisa dicoba menggunakan Festo IPC Communication Server (coba digoogle pdf-nya, di situ cukup len gkap), namun harus menggunakan Ethernet/TCP-IP. Jadi PLC (yang dilengkapi modul ethernet) akan berkomunikasi dengan PC via Ethernet.
      Untuk protokol, jika hanya 1 PC – 1 PLC dengan serial bisa menggunakan dua – duanya, tapi jika menggunakan jaringan/ethernet harus menggunakan SuiteLink.
      Semoga bermanfaat..

      Suka

  2. mas handy mau tanyak klo cari plugin wonderware wizard selection itu yg gratisan dimana ya.. situs_nya, klo bisa jgn versi demonya!!

    Suka

    • Edwin, wizard selection maksudnya apa? Symbol factory? Jika sudah ada sourcenya coba di-install ulang dan pilih modify atau repair, karena biasanya kalau instalasi hanya tekan next terus akan ada bagian program yang tidak terinstall.

      Suka

  3. salam mas handy..
    kalo pake plc siemens s7-300 , untuk bagian item name dari I/O tag diisikan alamat setting plc bagaimana ya pak? misal untuk plc ya addrees : I0.0 . apakah di wonderware intouch untuk item name nya saya tulis I0.0 juga?

    Suka

      • tapi pak, wktu saya menjalankan/memberikan input dari plc , di intouchnya tidak terbaca, untuk input, tapi kalo output terbaca. Kira-kira masalahnya dimana ya pak?

        Suka

        • Maaf baru bisa membalas mas Felix, dari pernyataan anda di atas, jangan – jangan anda membuat tombol di InTouch, anda beri alamat I0.0, kemudian anda tekan tombol tersebut? Jika iya, I0.0 tidak akan aktif, karena input hanya aktif saat diberi arus listrik dari luar. Input tidak bisa diaktifkan dari program.

          Suka

  4. salam kenal mas handy..,saya dah beli buku mas tntang wonderware..,n dapat app-nya ww.10 dari training dulu..,apa wonderware I/O server tu gk sepaket pas install ww.,dmana saya bisa dapetinnya.,karna saya lagi cba konek dg PLC OMRON CPM1A lewat serial PC.,
    mkasih..,

    Suka

  5. Mas handy sya minta tolong untuk penjelasan yg lebih rinci mngenai komunikasi wonderware ke PLC CJ1M karena sudah coba msih belum bisa mass….mohon bantuannya mas handy…

    Suka

    • Mas Okkie, untuk cara koneksinya sama. Namun pengalaman saya mencoba koneksi dengan CJ1M memang tidak selalu mulus, beda dengan PLC Omron yang lama. Mohon maaf memang sulit membantu jika tidak pegang langsung.

      Suka

  6. Mas handy, saya minta tolong penjelasan secara detail koneksi ke PLC CPM1A. Soalnya saya sudah mencoba sesuai artikel mas di atas, tetapi masih belum bsa.
    Terima kasih…

    Suka

  7. Mas Handy saya pengguna CJ2m dengan menggunakan komunikasi ethernet ke wonderware.. cuma drivernya g ada tipe CJ2. ada saran mas tentang cara koneksi dari wonderware ke PLC CJ2m dengan ethernet

    Suka

    • DA Server sudah pakai DAOMFINSSerial (jika protokol komunikasi serial)? Tipe pilih yang CJ1 jika CJ2 tidak ada.
      Jika pakai ethernet harusnya dengan DAOMFINSEthernet, silahkan dicari. Salam..

      Suka

      • betul seperti yang dikatakan mas handy, menggunakan DAOMFINSEthernet bisa langsung, atau bisa dengan cara yang lain jika standalone pake aja DDEManager nya CX-Server (bawaan Omron CX-One) dengan alur CJ2-CXServer/DDEManager-InTouch atau menggunakan CX-OPC Server dengan alur CJ2M-CXOPCServer-FSGateway-Intouch ,,, :)

        Suka

  8. Pak Handy, kira-kira kalau dari MicroLogix 1200 (Serial DH485) ke Wonderware InTouch bisa ga ya? Saya sudah coba berkali-kali tidak bisa. Saya gunakan Wonderware I/O Server baik yang ABKF2 maupun ABCIP beelum ada tanda2 pencerahan.

    Suka

  9. mohon bantuannya, jika saya ingin menghubungkan 2 buah OMRON CP1E ke WWintouch apakah bisa pakai OMRONHL, dan saya bingung masalah tagnamenya, kan alamatnya sama krena tipe PLCny sama, kalo sy mau baca IR100.01 dr CP1E yang satunya sementara dari CP1E yang lainnya lagi sudah digunakan tag IR100.01 nya, trus bagaimana ya, feribudis@gmail.com thanks

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s