Menggunakan fungsi JUMP di PLC

Pernahkah anda mendengar fungsi JUMP?

Jika anda pernah belajar pemorgraman komputer, harusnya anda memahami bahwa fungsi tersebut akan membuat program melompat ke bagian tertentu yang ditunjukkan oleh program. Bagaimana dengan fungsi JUMP pada PLC?

Sebagian besar merk PLC memiliki fungsi JUMP yang tujuannya sama dengan konteks pemrograman komputer. Dengan fungsi JUMP (JMP – pada Allen Bradley), baris – baris (disebut rung) program PLC (misal : ladder diagram) tertentu akan dilewati (skip) dan tidak akan dieksekusi. PLC akan mengeksekusi rung setelah tanda tertentu pada ladder diagram, umumnya dinamai fungsi label (LBL – pada Allen Bradley).

Fungsi JUMP terletak pada bagian output dengan alamat tertentu. Alamat yang sama harus digunakan saat anda memanggil fungsi LABEL. Cukup masuk akal kan?

Secara umum dengan adanya fungsi ini, anda bisa memasukkan logika if-then-else dalam pemrograman PLC. Dengan memberikan kondisi tertentu untuk menyalakan JUMP, anda sudah membuat fungsi : if(…..). Kemudian dengan memberikan rung yang harus dikerjakan setelah LABEL, anda menambahkan fungsi : then(…). Dan seterusnya.

Semoga berguna!

Sumber : Rabiee, Max. Programmable Logic Controllers Hardware and Programming. Illinois : GW Publisher. 2002

4 thoughts on “Menggunakan fungsi JUMP di PLC

  1. halim

    hai,
    saya mau tanya aplikasi apa yang cocok buat PLC jenis Zelio Logic smart relay yang kompleks,….
    saya seorang mahasiswa yang mau membuat tugas akhir,…
    tolong bantu saya ya,….
    thanks sebelumnya,..
    oiya klo smart relay ini ada memori nya nggak buat ngenyimpan data.
    misalnya data dari suhu yang kedeteksi oleh sensor disimpan dalam smart relay zelio logic, trus data itu bisa kita minta kapan saja…
    terima kasih sebelumnya,…
    tolong balas ke email saya ya…
    (iblis_lepas@yahoo.co.id)

    Like

    Reply
  2. berhand

    mas saya berhand dari medan mau nanya ni, saya pakai software plc GX depelover ( mitsubushi ), lagi belajar plc. tolong berikan saya contoh rangkaian dengan menggunakan program jump. kirim ke email saya saja ya ( berhandsiregar@yahoo.com ). terima kasih, salam sukses

    Like

    Reply

Leave a Reply

