Hasil Survei PLC / PAC (Versi Pendek)

survey-_customer

Apakah pertanyaan – pertanyaan berikut pernah muncul di benak Anda :

  • PLC tipe apa yang paling sering digunakan orang?
  • PLC merk apa yang paling populer di pasaran?
  • Di industri PLC paling banyak digunakan untuk apa?

Jika iya, maka posting berikut akan menjawab keingintahuan Anda. Beberapa survey tentang PAC (sebagai suksesor PLC) juga disinggung di sini. Kalau Anda belum pernah mendengar tentang PAC, bisa membaca dulu di sini.

Berikut ini beberapa hasil utama (dan singkat) dari survey yang diadakan majalah “Control Engineering” dan dirilis pada bulan September 2008.

Tipe PLC apa yang paling sering dipakai?

Hampir 40% dari responden yang menggunakan PLC/PAC memakai tipe mikro (15 – 128 I/O points). PLC/PAC medium (128 – 512 I/O) diinstall oleh sepertiga responden. Sebagai tambahan, 49% responden menggunakannya sebagai embedder  controller dan 23 % memanfaatkannya sebagai data logger atau aplikasi SCADA yang terhubung dengan PC.

PLC paling banyak digunakan untuk aplikasi apa?

Machine control ialah aplikasi yang paling populer dari PLC/PAC. Aplikasi berikutnya ialah process control yang diterapkan oleh 75% responden. Selain itu. 1 dari 3 responden melaporkan bahwa PLC/PAC mereka terhubung dalam jaringan dengan PLC lain. Namun, hanya 3 % yang terhubung dengan PAC. Hal ini menunjukkan penggunaan PLC yang masih sangat dominan dibanding PAC.

Protokol komunikasi apa yang paling sering digunakan?

Protokol komunikasi serial RS-232/RS-485, 4-20 mA/0-10 V dc, dan protokol Ethernet merupakan jenis komunikasi yang sekarang ini paling populer.

Seberapa populerkah PAC?

Pada masa sekarang, istilah PAC mewakili banyak hal lain  bagi banyak orang. Namun, 37% repsonden mengatakan mereka menambahkan PAC dalam sistem yang menggunakan PLC (sebagian bahkan sudah mengganti PLC dengan PAC).

Bahasa pemrograman PLC apa yang paling banyak dipakai orang?

Kebanyakan responden menggunakan ladder diagram untuk memprogram PLC/PAC. Jumlahnya hampir 2 kali dari penggunaan bahasa pemrograman lain.

Fitur PLC apa yang paling penting untuk pengguna?

Built-in communication support ialah fitur yang paling penting bagi partisipan saat mereka membeli PLC/PAC. Fitur produk yang kurang penting dalam pemilihan PLC/PAC meliputi konektivitas dengan peralatan seluler, hand-held setup tools, dan nano controllers.

Merk PLC apa yang paling sering digunakan di industri?

Berikut ini urutannya (catatan : majalah ini berpusat di Illinois, Amerika Serikat, sehingga banyak responden yang berasal dari AS, di negera lain mungkin berbeda distribusinya).

  1. Rockwell Automation (Allen-Bradley)
  2. Siemens Energy & Automation
  3. AutomationDirect (Koyo)
  4. GE Fanuc
  5. Schneider Electric (Modicon, Square D, Telemecanique)
  6. ABB
  7. National Instruments, Mitsubishi Electric
  8. Omron Electronics
  9. Eaton (Cutler-Hammer)
  10. Baldor Electric, Bosch Rexroth, Idec, Invensys Foxboro, Omega Engineering, Opto 22
  11. Advanced Micro Controls, Beckhoff Automation, Emerson Process Management (Bristol Babcock), Keyence, Yaskawa Electric.

Demikian hasil survei singkat tentang PLC/PAC, posting berikutnya akan membahas secara lebih lengkap disertai grafik – grafik.

Untuk Anda sendiri, PLC merk dan tipe apa yang Anda gunakan di perusahaan atau kampus Anda? Let us know!

16 thoughts on “Hasil Survei PLC / PAC (Versi Pendek)

  1. Tresna

    Wah lagi musim PAC ya…kemaren ini di Jakarta baru ada seminar PAC dari National Instrument namanya CompactRIO.
    Kalo melihat hasil survey, sepertinya memang 2 merk itu yg paling banyak dipake.
    Kalo dikantorku pakenya Siemens,Allen-Bradley, Advantech ADAM dan sebuah PLC asal Cina namanya Hollysys.

    Ada sebuah fenomena unik, tentang PLC dari Cina (atau boleh dikatakan bukan hanya PLC tp juga komponen), pernah ada sebuah dokumen tender yg diperlihatkan oleh atasanku, dimana tertuilis disana bahwa sang customer meminta agar PLC dan komponen elektro lainnya bisa dari merek apa saja asalkan non Cina. Wah kenapa ya?

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Mas Tresna, trims buat info dari kantor mas..

      Iya, sekarang lagi musim duren eh.. musim PAC🙂. Jadi para praktisi otomasi harus bersiap – siap untuk belajar hal – hal baru lagi ya..

      Biasanya kalo produk dari Cina itu konotasinya kan murah tapi berkualitas rendah (meski tidak semuanya), jadi ya ada customer yang mem-“black list”. Mungkin begitu ya..

      Salam..

      Like

      Reply
      1. Fathoni

        hmm sampe sekarang saya gak ngerti lho apa yang membuat PAC lebih bagus dari PLC ? mungkin mas handy bisa jelasin, yang saya tau sich PAC itu didalamnya udah ada OSnya gitu yah, jadi mirip seperti PC Based ?

        cuman khan klo dari sisi functionalitas sama aja ya? karna PLC DCS dan PAC sekarang udah kabur sich dari sisi functionalitas, paling yang bedain cara developnya aja kalie….

        CMIIW

        Like

        Reply
    1. ali pitono

      saya cuma bagian instalasi untuk dcs dan plc tapi pingin nambah pengetahuan yg bisa mengikuti perkembangan electronika dan manfaatnya maaf umur sy dah 60 th karna saya memang bagian instrumentasi di salah satu perusahan tapi masih aktif di proyek -proyek.,karna hobi

      Like

      Reply
  2. Aak

    Makasih Mas Handy dan Mas Fathoni ilmunya tempo hari tentang analog uda berhasil saya praktekan. BTW perbandingan harga PAC ama PLC lebih hemat mana ya?

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Mas Aak, syukur deh..
      Untuk PAC dan PLC, saya tidak tahu pasti harganya, belum pernah beli untuk lab kampus.
      Tapi yang jelas lebih murah PLC karena PAC lebih canggih (dari sisi prosesornya) dan merupakan produk baru.
      Teman lain ada yang bisa bantu?

      Like

      Reply
    2. tresna

      @ mas Aak = tergantung merknya dulu mas. Saya lupa control logix dari Allen Bradley/rockwell automation kalau tidak salah ada yg menyebutnya PAC juga. nah itu dibandingkan dengan tipe Allen bradley yg SLC 500, harganya jauh lebih mahal. tapi mungkin ada PAC yang merk tertentu yang harganya malah lebih murah dari PLC merk terkenal.
      Advantech ADAM 5550 KW (jenis PAC) itu harganya hampir setengahnya dari harga Allen Bradley SLC 5/05.

      Like

      Reply
  3. matho

    Salam sejahtera mas Handy, saya sangat senang bisa berkenalan dengan Anda..mas Handy apa bisa minta bantuannya untuk mencari judul TA terkait PLC untuk mengontrol lengan robot untuk mengambil barang-barang kecil.. terima kasih buat segala bantuannya.. Tuhan memberkati.. bisa dikirim via email saya..Simforianuspangul@yahoo.com.

    Like

    Reply
  4. fiet

    Maaf mau nanya mas. apa ya penyebab komunikasi dari PAC ke PLC modicon sering putus. Tapi begitu PAC nya di reset, komunikasinya bagus lagi. Thanks

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s