Komunikasi Serial PC – PLC dengan Visual Basic (singkat)

picture1Menanggapi pertanyaan mas Yohan di salah satu posting saya tentang “Introduction to SCADA”, pada posting kali ini saya ingin menjelaskan tentang bagaimana mengkoneksikan PLC (Omron CPM 1) dengan program SCADA di PC (dibuat dengan Visual Basic 6.0).

Nah, lagi – lagi, karena terbatasnya waktu saya belum bisa menuliskan berupa artikel blog :(. Namun saat “jalan – jalan” ke blognya Pak Donny B.U., saya baru tahu kalau kita bisa share bahan presentasi kita melalui blog, dengan meletakkan lebih dulu di  www.slideshare.net .

Jadi, saya mencoba, dan Anda bisa melihat bahan presentasi saya di bawah. Untuk mendownload file presentasi ini Anda bisa memilih “menu” di bagian kiri bawah, kemudian pilih “download file“. Memang harus registrasi dulu, tapi cuma 1 halaman dan tidak lama.

Jadi, selamat mencoba juga!

Komunikasi Data Serial di PLC

Komunikasi Data Serial di PC (dengan VB 6.0)

Note : untuk ini ada buku yang cukup sederhana dan membantu : “Teori dan Praktek Interfacing Port Paralel dan Port Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0”, Retna Prasetia dkk., Penerbit Andi

Oke friends! Semoga berguna untuk Anda! Silakan kalau ada yang ingin didiskusikan di bagian komentar di bawah!

35 thoughts on “Komunikasi Serial PC – PLC dengan Visual Basic (singkat)

    1. Kalau untuk akses barcode, mungkin lebih murah dan fleksibel pakai mikrokontroler ya. Kalau pakai PLC, harus pakai special module, namanya bervariasi sesuai keinginan vendor PLC.

      Like

  1. eyic

    mas mohon bantuannya untuk koneksi serial maupun ethernet antara PLC Mitsubishi Q-Series dengan VB 6.0 bagaimana ya?

    terima kasih, salam kenal mas

    Like

  2. thank mas atas infonya,,tapi kalo spec untuk pc intu sendiri agar dapat saling berkomunikasi dengan PLC ada spec tertentu atau bagaimana?

    salam kenal mas,

    Like

  3. hatsuya

    ma’af mas…
    saya mungkin orang baru di sini…
    klo mw interfacing antara PLC dengan VB menggunakan ethernet bisa gak mas…???mohon bantuannya

    Like

    1. Maaf Mas Handy ikutan kasih info saja 😀 . di blog mas Yasin (komentar no 1) di bahas tentang koneksi PLC Omron CJ1M dengan VB via ethernet. Semoga bisa membantu.
      Terus berkarya Mas Handy

      Like

  4. yugo

    mas mau tanya…….

    dari komunikasi serial antara PC-PLC. itu kan nanti di monitoring dan di control menggunakan VB. data apa saja yang bisa di monitoring dan di Control dari PLC tersebut mas?????

    Like

  5. mas saya minta saran tentang buku yang harus saya beli
    saya mau buat program buat TA tentang mengendalikan hardware dengan pemrogram vb.net(mengunakan PLC dengan bahasa VB.Net)

    klo ada saran judu TA juga boleh… mohon kirim ke mail saya ya mas..

    Terimakasih,

    Like

  6. iskandar

    saya punya PLC Omron… saya ingin menghubungkan input PLC ke VB bagaimana caranya ya?? kalau outputnya sudah bisa dihubungkan… mohon bantuannya..

    Like

    1. Saya kurang tahu mas lukman.
      Yang saya tahu pasti bisa : Omron, Festo, Schneider yang Twido.
      Sebenarnya tergantung apakah protokol komunikasi terbuka atau tidak. Misalnya Omron CPM1, protokolnya benar – benar open semua untuk komunikasi Serial.

      Mungkin teman lain ada yang bisa membantu?

      Like

  7. Salam mas Sun,
    Mas beli buku yang apa?
    Btw, saya menyarankan sebuah buku karena saya lihat topiknya cocok dan cukup membantu. Untuk file satu per satu mungkin saya tidak coba, jadi mas bisa kontak langsung ke penulisnya (biasanya di buku ada alamat email, atau ke penerbit).
    Untuk koneksi PC dengan mikro saya sendiri kurang menguasai.
    Harap maklum.
    Thanks

    Like

  8. salam kenal mas handy
    saya bukan orang elektro, tetapi saya sedang belajar programming yang berkaitan dengan hardware.

    saya sudah membeli buku yang mas handy rekomendasikan, disitu file dllnya error mas, sehingga saya tidak bisa mencoba, link yang disarankan juga tidak bisa di download
    bagaimana codingnya untuk cara ato tekhnik melakukan tranfer ato receive data ke eeprom dengan menggunakan vb?

    saya tunggu, thankx

    Like

  9. Yohan

    trima kasih bnyak ya pak atas share infonya….akhirnya saya lulus..smoga ttap jaya dlam dunia blog pengetahuan ini….dan mnjdi inspirasi dan support bagi kami yang ingin blajar…Thanx….Tuhan memberkati

    Like

    1. handyw

      Wow!! Selamat ya mas Yohan!
      Saya ikut senang.. Saya hanya share sedikit, namun anda sudah bisa mengembangkan sampai akhirnya berhasil lulus..
      Salut.. Semoga sukses di dunia kerja nantinya ya..

      Like

  10. handyw

    Mas Fithrul, yang jelas parallel port bisa dipake untuk menerima data dan outputkan data. Saya tidak hafal alamatnya. Metodenya juga macam – macam.
    Sebagai langkah awal bisa baca buku : “Teori dan Praktek Interfacing Port Paralel dan Port Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0″, Retna Prasetia dkk., Penerbit Andi.
    Saya sendiri tidak punya bahan – bahan, bisa search di internet..
    Salam

    Like

  11. fithrul

    mas saya mau nanya tapi agak ga nyambung ma topik nya gpp ya.
    saya mo nanya tentang port paralel, bisa ga pin controll pada port paralel db25 (pin 1,14,16 dan 17) kita gunakan untuk mengirim sinyal keluar(output)? klo bisa,kasi tau donk gimana listiting nya dalam visual basic.thank’s ya mas.klo bisa balas ke email saya ya 🙂

    Like

  12. Yohan

    saya saat ini sdang mnggunakan VB sbgi HMI untuk tampilan boiler dgn snsor suhu dn level…yg jadi masalah adalah bagaimana caranya memperoleh alamat yang berasal dari PLC kemudian di terima dan disimpan secara real time pada VB…
    mohon bantuannya dalam hal ini…..adakah coding khusus….??
    thanx….

    Like

      1. nanang

        bos,, saya juga di emailkan balasannya. saya jg lagi cari teori caranya memperoleh alamat yang berasal dari PLC kemudian di terima dan disimpan secara real time pada VB

        terima kasih

        Like

      2. hendra

        pak handyw, boleh tidak di emailkan ke saya juga.. kebetulan judul proposal saya ialah untuk menampilkan ESP di visual basic dengan menggunakan PLC juga..
        terima kasih sebelumnya..

        Like

  13. betul mas saya sudah posting project ke 3 tentang ON/OFF bit PLC dengan Pulse, akan banyak sekali postingan yang berkaitan dengan HMI dan VB, dengan komunikasi serial bisa juga dengan ethernet, akan dibahas sampai axtiveX xontrol dan koneksi dengan data base SQl, (nanti data2 error pada Plant akan terecord di Data base) akan diupdate tiap minggu , selamat belajar.

    Like

    1. handyw

      Salam kenal mas Yassin..
      Saya sudah lihat blog mas, menarik dan bisa membantu untuk teman – teman yang ingin belajar membuat HMI dengan VB..

      Thank’s..

      Like

Leave a comment