Automation in Fukuoka vol.2

Posting berikut adalah sambungan dari posting sebelumnya tentang sistem otomatis yang saya temui di Fukuoka, Jepang. Ayo kita lanjutkan!

Automatic Handwasher

Untuk mencuci dan mengeringkan tangan, kita cukup menggunakan alat berikut.

DSC04927-s

Pada bagian kiri atas (gambar) terdapat alat yang mendeteksi tangan dan akan mengeluarkan gel sabun secukupnya. Sedang untuk mengeluarkan air cukup meletakkan tangan pada bagian kanan atas (gambar) handwasher. Tidak hanya itu, untuk mengeringkan tangan, kita tinggal meletakkan tangan pada bagian bawah (gambar).

Mudah dan praktis sekali bukan?

Automatic Gasoline Station

Seperti yang kita lihat di film – film Hollywood, stasiun pompa bensin di Fukuoka juga bersifat self service dan tentunya otomatis (karena tidak ada seorang petugaspun di situ).

DSC04937-s

Saya tidak tahu pasti cara kerjanya, namun kira – kira pembeli akan memasukkan uangnya dalam jumlah tertentu, dan mesin akan mengeluarkan bensin sesuai dengan jumlah uang yang dimasukkan. Jika ada kembalian tentunya akan dikeluarkan secara otomatis juga dari mesin.

Automatic Bridge

Saat saya mengunjungi sebuah pulau wisata (kalau tidak salah namanya pulau Gan-Ryu, salah satu tempat peperangan samurai Musashi), terdapat suatu jembatan yang dapat terangkat jika ada kapal yang akan melewatinya.

DSC05141-s

Saya juga tidak tahu pasti apakah sifat jembatan ini otomatis atau tidak, namun ide untuk dapat mengangkat ataupun menurunkan jembatan menurut saya sangat menarik.

DSC05144-s

Automatic Toll Road Gate

Last but not least, gerbang jalan tol di Jepang juga tidak dijalankan manusia.

DSC05267-s

Pengemudi cukup membawa semacam alat (ataupun meletakkannya di bagian tertentu mobil), mungkin semacam RFID device, dan sistem akan mengenali dan membukakan pintu secara otomatis, serta mengurangi jumlah poin yang tersimpan di alat tersebut.

That’s all.. I hope you inspired..

2 thoughts on “Automation in Fukuoka vol.2

  1. eforel

    cukup menarik sekalu jika kita membahas teknologi yang diterpakan di negara jepang , saya heran sekali yang dikatakan bahwa indonesia merdeka tahun 45 dan jepang kalah pada waktu itu, tapi kenapa justru jepang malah menjadi negara paling hebat tentang teknologi auto, mulai cuci tangan , jembatan, pom bensin otomatis, dan jalan tol. dan tidak lupa juga tentang dunia robotiknya, memang indonesia sudah sedikit lebih maju tentang dunia robot tapi robot-robot pekerja masih kurang. bukan untuk menjadikan penambahan pengangguran saja , karena ada robot . tapi robot dibuat oleh manusia . maka ciptakan lah industri tersebut untuk orang2 yang mampu dalam hal tersebut. waw maju terus blog nya

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s