STEP 7 Lite Gratis dari Siemens!

Beberapa hari yang lalu saya mendapat email dari mantan mahasiswa saya tentang software PLC gratis dari Siemens, Step 7 Lite. Berikut sedikit ulasannya.

STEP 7 Lite merupakan versi ringan (dan gratis) dari keluarga software STEP 7.  Software ini dapat digunakan untuk memprogram PLC Siemens keluarga SIMATIC S7-300, SIMATIC C7, ET 200S (IM 151/CPU and IM 151/CPU FO) and ET 200X (BM 147/CPU).

Step 7 Lite memiliki fungsi – fungsi yang dapat digunakan dalam tiap tahap pengerjaan proyek otomasi seperti :

  • Configuration and parameterization of the hardware
  • Programming
  • Testing, commissioning and maintenance
  • Documentation
  • Operation and diagnostics functions

Program ini dapat mendukung beberapa jenis bahasa pemrograman PLC : ladder diagram, function block diagram, dan Structured Text. Jadi cukup baik untuk belajar pemrograman PLC.

Dari sisi pembelajaran, masalah (terbesar) yang muncul ialah software ini hanya dapat digunakan untuk PLC Siemens S7 300 dan software PLC Sim, dimana keduanya (tentu saja) tidak bisa didapatkan dengan gratis🙂 .

Well, jika anda masih ingin sekedar mencoba program tersebut caranya cukup mudah, masuk ke halaman pada situs Siemens berikut :

https://support.automation.siemens.com/WW/llisapi.dll?func=cslib.csinfo&lang=en&siteid=cseus&aktprim=0&extranet=standard&viewreg=WW&objid=10805396&treeLang=en

Nah, untuk dapat mendowload program tersebut Anda harus melakukan pendaftaran (register) terlebih dulu. Saya sudah mencoba dan berhasil mendownload program serta manual dari Step 7 Lite.

Selamat mencoba!

Sumber :

29 thoughts on “STEP 7 Lite Gratis dari Siemens!

  1. MASWIR

    SLMAT PAGI MAS HANDI.
    SAYA SUDAH DOWNLOAD FILE ZIL NYA…TRUS INSTALLNYA GMANA MAS….MOHON BANTUANNYA..
    SALAM
    MASWIR

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Pagi Mas Maswir.
      Coba klik 2 kali pada setup.exe yang gambar icon-nya komputer dan type : Install Application.
      Selamat mencoba..

      Like

      Reply
  2. taufik perdana putra

    Halo mas Handy, mau nanya nih. saya berencana membuat sistem SCADA untuk kontrol suhu dan tekanan menggunakan PLC siemens S7-300 untuk tugas akhir saya. Untuk desain HMI-nya saya pake Visual Studio. yang bikin saya kesulitan adalah PLC nya enggak punya modul komunikasi. apakah mungkin untuk membangun sistem SCADA via MPI sebagai media komunikasi datanya?
    Mohon bantuannya ya mas.
    Kalau bisa jawabannya tolong di email ke email saya.
    Terima kasih.

    Like

    Reply
  3. sajuli rahmat

    Pak Handy, Minta tolong ya,,,,,
    Saya sedang belajar PLC Simatic S7-200 (CPU226), ketika saya hubungkan dengan Kamputer saya yang memakai PPI interface, kok gak bisa Koneksi..
    bagaimana caranya ya?…… tolong pak handy saya jadi penasaran nich..
    Makasih pak handy atas bantuannya.

    Like

    Reply
      1. sajuli rahmat

        Muncul pesan: The USB Multi-master cable is not attached or no USB device could be found.

        untuk koneksi kabel di cek nyambung semua gak ada yang putus. apakah dia perlu Driver ya pak? yang dipake PPi USB merk China e,

        tanks pak handy.

        Like

        Reply
        1. Handy Post author

          Nah ini pak, mungkin kabel PPI yang bermasalah atau tidak cocok. Berarti bukan kabel PPI asli Siemens pak?
          Saya sendiri belum pernah nyoba connect PC – PLC selain dengan kabel asli Siemens.

          Like

          Reply
  4. hakki

    thanks so mat infonya,saya juga mau tanya versi lite ini juga bisa ga untuk download progam di plc s7-300,cpu 315-2dp,saya baca tulisannya diatas hanya untuk cpu 151,trims

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Ada kemungkinan tidak bisa mas Hakki. Saya kemarin sempat coba dengan tipe PLC Siemens yang lebih baru tidak bisa.
      Btw sekarang kalau tidak salah link-nya mati? Saya cari yang baru tidak ada, mungkin memang sudah obsolette..

      Like

      Reply
  5. Junet Iswahyudi

    Dear Pak Handy
    Maaf nggabungnya agak terlambat, mohon untuk diberikan soft ware PLC nya Pak, karena saya coba download beberapa kali software Step7 lite tidak berhasil.
    Mohon untuk dikirimkan linknya ke alamat email kami; junet.iswahyudi@sadhana.co.id
    Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih

    Like

    Reply
  6. idi

    Maaf mas mau nanya, kalo software PLC siemens S7-300 dengan operation sistem dikomputer saya pake windows 7, itu softwarenya apa ya…
    kalau yang ini kan buat windows xp….
    trimakasih. ditunggu balasanya mas….

    Like

    Reply
  7. oing

    pak handy saya pemula dengan dunia automatic blh saya mita buku panduan cara membuat project simatic manager yang paling dasar saya punya software nya tpi saya bingung mau mulai dari mana mksi..

    Like

    Reply
  8. oing

    bapak2 yg ahli plc sy minta panduan untuk membuat simatic manager plc s7 300 saya pemula blm mengerti mohon bibingannya pak mksi..

    Like

    Reply
  9. adam

    sallam,,,,, mas saya minta software program nya donk,,,, saya coba download ga bisa bisa,,,, ini email saya,,,searching_oflove@yahoo.com

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Salam Pak Sutanto, saat ini saya sedang sekolah di Australia. Bapak bisa belajar mandiri dari buku, tutorial di internet, atau mengikuti training otomasi. Semoga sukses.

      Like

      Reply

Leave a Reply

