Komunikasi Wonderware InTouch – PLC dengan OPC (1)

Setelah membahas tentang pengenalan OPC di posting sebelumnya , pada posting kali ini saya ingin membahas tentang komunikasi Wonderware InTouch – PLC dengan OPC.

Secara umum, komunikasi keduanya dapat digambarkan dalam skema berikut :


Wonderware InTouch dihubungkan terlebih dulu dengan Wonderware OPCLink sebagai OPC client, kemudian dihubungkan lagi dengan OPC server yang berfungsi sebagai driver dari PLC tertentu yang digunakan. Berikut ini penjelasan OPCLink dan OPC Server.


OPCLink

Wonderware OPCLink adalah program aplikasi Microsoft Windows yang berfungsi sebagai converter protokol komunikasi. Program ini memungkinkan program aplikasi Windows yang lain untuk mengakses data dari OPC server lokal ataupun jarak jauh.

OPCLink mendeteksi secara otomatis versi OPC data access mana yang diterapkan pada OPC server (sampai versi 2.05) dan menggunakan versi terakhir yang tersedia. OPCLink terhubung dengan OPC server, mengubah perintah client ke protokol OPC  dan mengirimkannya kembali ke client menggunakan DDE, FastDDE, atau SuiteLink.

OPCLink dapat didownload dengan gratis di sini , dengan terlebih dulu mendaftar.

OPC Server

Seperti pada penjelasan di posting sebelumnya, OPC Server berfungsi sebagai driver dari peralatan (PLC) sehingga dapat berkomunikasi dengan program lain melalui OPC Client. Jenis OPC Server yang bisa digunakan sangat bervariasi. Salah satunya ialah OPC Server dari Kepware (KepServerEX) dengan diagram fungsi sebagai berikut :

Pada OPC Server ini terdapat berbagai merk PLC yang dapat diakses. Merk yang pernah dicoba penulis sementara ini ialah PLC Omron dengan media komunikasi : Omron Host Link.

Versi demo KepServerEX dapat didownload secara gratis di sini dengan terlebih dulu mendaftar.

Selamat mencoba!

22 thoughts on “Komunikasi Wonderware InTouch – PLC dengan OPC (1)

  1. fathoni

    artikel yang bagus🙂
    hanya pengembangan aja kedepannya mas
    untuk IOServer di WW udah seharusnya melangkah ke DAServer🙂

    misalnya OPCLink –> FSGateway
    OmronHL –> DASOmHL

    dsb,,,,🙂

    Like

    Reply
  2. Ade

    Mas handy
    Saya beli CD demo dari mas handy ( kiriman ke Bandung jl Laswi), di device integratornya koq nggak ada OPCLINK nya yah…yah nyari nyari link download dari mas Handy udah gak jalan tuh…dimana saya bisa mendapatkannya…

    Like

    Reply
  3. Tauifiq W

    Pak Handy ada buku untuk pembelajaran OPC server ga ya,. masih belum mudeng mengaplikasikan OPC server ke plc Siemens, jika ada sy harus beli dmna ya apa pak Handy ada

    Like

    Reply
    1. e.one

      Kalau untuk OPC ke PLC Siemens, pakai saja bawaan SimaticNET (yg terbaru 2010 tapi hanya untuk Vista/W7 ..klo masih XP ya pakai saja yg 2008). Nah nanti akan di install kumplit hal2 yg berhubungan dgn kumunikasi dgn S7 PLC salah satunya ya OPC ini lengkap dgn contoh dalam VB6(OPC-DA) dan C#(OPC-DX) … klo ke software SCADA ya tinggal menyesuaikan dengan SCADA-nya masing2.

      Like

      Reply
      1. fathoni

        sori mas Handy nimbrung dikit, mas taufiq , maksudnya komunikasi ke PLC siemens yang mana yah ? 200, 1200, 300, 400, winAC ? terus jenis OPC server yang mau digunakan yang tipe apa ? kalo yang komplit ada di Simatic Net kompit ama contohnya

        Like

        Reply
        1. Taufiq W

          salam pak Fathoni sebetulnya untuk s7-300 pak tapi tidak menutup kemungkinan akan di pergunakan juga di s7-200,s7-1200,s7-300, s7-400 ataupun s7-1500
          saya baru sadar kalau di simatic net ternyata sudah ada,

          makasih pak pencerahanya

          Like

          Reply
  4. e.one

    Saya hanya berharap di blog ini akan muncul artikel yg membahas Microcontroller-OPC. Jadi disisi hardware pake Microcontroller(karena defacto masih banyak yg fanatik dgn ini walau harga bbrp PLC sekarang sudah turun drastis) yg didalamnya ditanamkan protokol industrial standard yaitu OPC. So harapannya semua orang akan bisa pakai si Micro ini ….nah disisi interface : yg geek dia akan pakai VB/C++/Java dll dgn object yg sudah standard, untuk yg hanya bisa alakadarnya seperti saya bisa pilih SCADA tanpa harus pusing mikirin bikin library lagi.
    Si empunya blog ini kan jago di Microcontroller(ada bukunya tuh) pun handal di SCADA plus berada di komunitas akademik yg rata2 masik punya otak dgn core dan memory keluaran mutakhir. Alangkah berharganya seandainya itu bisa terwujud & dishare diblog ini …. amin

    Like

    Reply
      1. e.one

        urusan mahzab itu kadang bukan lagi soal logika atau duit mas … itu soal harga diri😀, pernah jg ada yg minta tolong bantuin untuk urusan PLC-Micro-SCADA …fungsi micro konon katanya untuk menjembatani PLC ke SCADA. Udah dijelasin klo itu konsep ajaib dan udah disaranin berbagai alternatif laen agar ngk pake Micro …ya mo gimana klo sianak ngomong gini “urusan micro urusan saya mas ..sampeyan mau ngk sih bantuin ?” …:(

        Like

        Reply
        1. e.one

          saya usul ‘Microcontroller-OPC’ bukan tanpa sebab. Pernah suatu hari gugling2 ..eh nyasar ke anak negri sendiri yg jualan Microcontroller dgn protokol yg sudah OPC via ethernet di kaskus…. terus terang saya takjub juga. Ini anak elmu-nya beberapa tingkat diatas saya karena menanamkan definisi object OPC ke Micro itu bukan perkara mudah, dia pasti paham luar-dalem OPC-Specification … cuman sayang elmu praktisnya ngk dishare. Nah klo diblog ini bisa … saya akan acungkan 2 jempol dah , plus terima kasih yg seikhlas2nya ….

          Like

          Reply
          1. fathoni

            di project yang baru saya kerjain, malah semua mikronya mau diganti pake PLC, dengan alesan : man hour gede, harga hardwarenya beda tipis, waktu yang dibutuhkan dengan mikrokontroller lebih lama (dari mulai produksi sampai QC) ,,, just sharing dikit🙂

            Like

    1. Handy Post author

      Halo mas e.one, terima kasih untuk masukan pengembangan microcontroller – OPC yang saya kira sangat baik. Sudah lama ingin membalas comment ini, tapi nunggu “timing” yang tepat.
      Yang pertama, ingin meluruskan dulu mas, saya nggak jago microcontroller😀 .. Buku saya kan tentang PLC, bukan microcontroller.
      Namun saya setuju tentang mimpi idealis untuk membangun komunikasi OPC via micro, karena itu mengharuskan seseorang untuk benar – benar paham konsep OPC sehingga bisa membuat sampai di level micro (bukan hanya aplikasi/integrasi dengan PLC). Dan kampus ialah tempat yang tepat untuk itu, karena kalau di industri tentunya mengharapkan yang mudah, cepat, dan banyak menghasilkan uang😀.
      Jadi, semoga saya bisa mewujudkan sedikit mimpi di atas. Belum tahu bentuknya akan bagaimana, tentunya membutuhkan bantuan orang elektronika murni (btw saya basicnya kontrol), sama seperti saat ingin membuat software SCADA sendiri sangat perlu orang informatika murni.
      Akhirnya, kalau memang sudah ada perkembangan ke arah sana, tentu akan saya share via blog ini.
      Terima kasih sekali lagi doanya mas🙂

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s