Aplikasi VB.Net untuk komunikasi PC – PLC Omron CPM1

Saya sempat mengulas komunikasi PC dan PLC Omron CPM1 dengan VB 6.0 pada beberapa posting berikut. Karena VB 6.0 sudah tidak bisa diinstall di Windows 7, mau tidak mau saya harus pakai VB.Net 2008 (untuk mengajar). Hasil belajarnya akan saya share ke Anda melalui posting ini dan posting berikutnya.

Hasil form aplikasi sederhana saya seperti ini :

Dengan aplikasi ini, serial port saya buka dengan menekan tombol “Connect”. Setelah itu saya masukkan perintah ke PLC secara manual pada textbox yang tersedia dan tekan tombol “Send”. Data respons PLC dapat saya lihat pada textbox lain dengan menekan tombol “Receive”. Untuk menutup serial port saya tekan tombol “Disconnect”.

Btw, karena waktu mepet, saya akan perbaiki posting ini lain waktu. Keep on reading!

14 thoughts on “Aplikasi VB.Net untuk komunikasi PC – PLC Omron CPM1

    1. Handy Post author

      Miss spartacus, saya masih mikir perlu tidak di-share source code-nya.. Takutnya malah membuat mahasiswa jadi makin tidak mandiri. Jadi untuk saat ini saya belum bisa share. Salam.

      Like

      Reply
  1. Ade Fr

    Mas, bisa lihat kode programnya seperti apa? Kalau bisa sekalian disertakan dengan kode programnya kalau menulis yang bersangkutan dengan coding. Hal itu sangat saya harapakan karena sangat membantu.

    Like

    Reply
  2. ibra

    mas, saya masih awam dalam dunia elektronik ini, khususnya tentang PLC, untuk hubungkan antara vb dengan plc, dan rangkaiannya, menggunakan apa saja? untuk softwerenya selain vb apa? karna saya cari untuk transfer data dan working online dlm vb tdak ada. tolong ya mas dpt infonya

    Like

    Reply

Leave a Reply

