Memberi kuliah tamu SCADA di Teknik Elektro – ITN, Malang

Tanggal 23 Juni 2012 kemarin saya diminta oleh rekan – rekan mahasiswa dari Teknik Elektro – ITN Malang. Topik kuliah tamu yang mereka minta untuk saya bawakan ialah “Implementasi Teknologi SCADA dalam Dunia Industri”. Saya tidak menyampaikan paparan yang sangat detail, hanya beberapa materi yang saya harap dapat memberi wawasan dan merangsang keingintahuan mereka akan SCADA.

Bahan saya rangkum dari berbagai sumber (buku teks, situs internet, bahkan pengalaman beberapa rekan di industri) dan saya letakkan di sini, mungkin ada di antara Anda yang dapat mengambil manfaatnya.

Akhirnya, terima kasih untuk undangan dan sambutan yang baik guys!

 

5 thoughts on “Memberi kuliah tamu SCADA di Teknik Elektro – ITN, Malang

  1. Engineering for Future

    Luar biasa Pak untuk materinya, saya jadi ingin nich ditraining sama Bapak ^_^. O iya pak saya mau tanya Pak, Untuk membuat sistem kontrol yang dilengkapi dengan SCADA bagaimana ya Pak ?

    Salam

    Indra

    Like

    Reply

Leave a Reply

