Koneksi Wonderware InTouch ke PLC Siemens S7-200 via OPC

Pada posting sebelumnya, saya menjelaskan sekilas tentang koneksi PLC Siemens S7 200 dengan Wonderware InTouch menggunakan modul komunikasi Ethernet. Hal ini bisa dilakukan jika kita memiliki modul CP 243-1 yang harganya cukup mahal. Alternatif koneksi secara serial bisa menggunakan protokol OPC. Konfigurasi PC – PLC yang digunakan ialah seperti gambar berikut.

Penjelasan per bagian software diberikan pada bagian berikut. 

Wonderware InTouch

Konfigurasi yang dilakukan pada Wonderware InTouch untuk masing – masing tag ialah pada bagian access name dan item name. Untuk  access name diberikan :

  • Access Name   : bebas (misal : SIEMENS)
  • Application Name   : OPCLINK
  • Topic Name   : bebas (misal : SIEMENS)

Untuk item name, penamaan bebas dengan format tertentu, misalnya :

  • dinput1
  • dinput2

Huruf “d” awal diberikan karena tipe data discrete (jika i : integer, r : real, m : message). “input1” dan “input2” ialah nama yang digunakan pada program KepServerEx.

Note : seharusnya “item name” sesuai dengan alamat PLC (misal : I0.0), namun dari hasil uji belum berhasil.

KepServerEx

Konfigurasi pada KepServerEx ialah sebagai berikut :

Hal yang perlu diperhatikan ialah pengaturan tag, karena data type yang harus digunakan ialah Byte (jika tipe Boolean justru tidak berjalan).

OPCLink

Konfigurasi pada OPCLink ialah sebagai berikut :

Topic name pada bagian ini harus sama dengan Device Name pada KepServerEx. Untuk OPC Server Name, tinggal di-klik pada tanda panah bagian kanan, sedang OPC Path bisa didapatkan dengan menekan tombol Browse dan mencari folder yang tepat.

Semoga bermanfaat!

16 thoughts on “Koneksi Wonderware InTouch ke PLC Siemens S7-200 via OPC

    1. Handy Post author

      Halo Mas Fathoni, OPC Link (ataupun penerusnya Factory Suite Gateway) berlaku untuk sebagai jembatan menjadikan InTouch sebagai OPC Client. Penjelasannya ada di sini : http://www.wonderware.com/products/device_integration/opc.asp
      Thanks untuk info link-nya mas, memang dengan kemampuan Kepware untuk connect langsung ke Suite Link maka OPC Link bisa tidak digunakan. Meski tetap ada plus – minus seperti dari security maupun performa (hal ini ada dalam penjelasan di link kepware di atas).
      Thanks again for comment and discussion..

      Like

      Reply
      1. fathoni

        mengapa saya menghindari banyak interface, sampai saat ini PR terbesar wonderware adalah protokol nya yang gak stabil (suitelink), bisa di coba saat running runtime langsung dicopot aja tuh kabel komunikasi (PPI/ethernet) dari PLC ke PC, pasti deh DAServer nya hang atau gak bisa lagi ngirim data dari/ke PLC, apalagi kalo komunikasi tag nya udah ribuan, hal ini bisa diakalin dengan restart DAServernya😦 bisa di cross check ke Pak Hartanto Trimaxindo

        Like

        Reply
        1. Handy Post author

          Thanks share pengalaman dari lapangannya yang menambah wawasan mas..🙂
          Sedikit menyambung dari comment sebelumnya, jika ada produk OPC Server (selain Kepware) yang belum mengadopsi SuiteLink, maka OPC Link/Factory Suite Gateway ini bisa berguna mas.
          Good discussion!

          Like

          Reply
          1. fathoni

            yup, konfigurasi diatas akan lebih oke kalo misalnya digunakan untuk RSLinx (Rockwell) atau PCAccess (OPC for S7-200), oyah share satu lagi mungkin bisa coba OPC/DDE Server punya nya proscada,,, mantap banget, stabil🙂

            Like

      2. e.one

        Saya kok ngk meliat nilai plusnya KEPWare-OPC(A) dibanding dgn KEPWare-Suitelink(B). Scr performa Suitelink akan lebih baik dr OPC apalagi soal security, pakai OPC akan memaksa kita membuka TCP Port untuk OPC, belum lagi nanti masalah cross-domain. Satu-satunya nilai plus OPC adalah klo kita mau implemenstasikan Integer 32bit itu suitelink punya titik lemah dibit ke-32 (tapi kn jarang sekali kita pakai ini). Nurut saya OPC baru terasa bermanfaat klo kita mo share data antar berbagai aplikasi berbagai vendor yg tidak mendukung protokol default masing2, plus aplikasi buatan sendiri (misal pakai C++, VB, C# dll) akan lebih mudah pakai OPC.

        Like

        Reply
          1. fathoni

            kalo orang di industri bakalan milih PCAccess-OPCLink-Intouch dibanding Kepware-OPCLink-Intouch, karna harga PC Access(2-3 jt) lebih murah dari Kepware (sekitar 8 juta),,,hehehe🙂

            Like

  1. ravindra

    {“Huruf “d” awal diberikan karena tipe data discrete (jika i : integer, r : real, m : message). “input1″ dan “input2″ ialah nama yang digunakan pada program KepServerEx.

    Note : seharusnya “item name” sesuai dengan alamat PLC (misal : I0.0), namun dari hasil uji belum berhasil.”}

    mungkin karna pengaruh menggunakan opc link pak😀

    Like

    Reply
  2. Taufiq Wibowo

    makasih pak Handy untuk tutor koneksinya akhirnya sy sudah bisa koneksikan opc dengan Siemens s7-300 dan sampai bisa maping database ke mysql ataupun sql server . dan akhirnya thesisku bisa kukerjakan dengan riset kecil2an mengenai teknologi opc server walaupun teknologi ini bukan teknologi baru ^_^
    sangat bermaanfaat sekali pak Handy

    Like

    Reply
  3. EkaInggar

    Mas saya mau nanya nih. Untuk menghubungkan website ke wonderware itu komunikasinya gimana ya? Soalnya masih newbie tentang scada mas. Mohon bantuannya ya mas🙂

    Like

    Reply
  4. EkaInggar

    Permisi mas. Saya mau nanya nih, untuk meghubungkan webiste dan wonderware komunikasinya gimana ya mas? TA saya mengontrol mesin yang biasanya dikontrol menggunakan InControl kemudian diganti dengan website. Mohon bantuannya ya mas.

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s