Komunikasi PLC Siemens S7 200 – Wonderware InTouch melalui Internet

Dua minggu lagi ialah waktu sidang TA untuk mahasiswa bimbingan saya, Yefta Noventa. Topik yang diangkat berhubungan dengan komunikasi jaringan PLC Siemens S7 200 – Wonderware InTouch melalui internet. Penerapan yang dilakukan pada model/miniatur bangunan yang (asumsinya) terletak di 2 kota. Saya akan tuliskan deskripsi singkatnya di posting kali ini (hanya untuk bagian komunikasi saja).

Skema project Yefta terdiri dari 2 buah PLC Siemens S7 200 – CPU 224 yang masing – masing memiliki modul komunikasi Ethernet (CP 243). 2 PLC tersebut dihubungkan ke Ethernet hub. Sebagai SCADA Software digunakan Wonderware InTouch yang terhubung dengan PLC (via Ethernet hub) melalui DA Server “DASSIDirect”. Berikut ini gambarannya.

skema TA Yefta

Dengan skema seperti di atas, PC dapat melakukan monitoring dan controlling jarak jauh terhadap I/O device yang melekat di kedua PLC tersebut. Cara pembedaan PLC di Wonderware InTouch cukup dilakukan dengan pembedaan Access Name dan Topic Name. Karena 1 buah Topic Name akanmewakili 1 buah PLC beserta IP yang dimilikinya. Masing – masing PLC akan diberikan IP pada saat konfigurasi modul CP 243, sehingga 2 PLC dan PC memiliki IP yang berbeda.

Selain pengendalian jarak jauh, adanya modul CP 243 juga memungkinkan pengguna untuk mengirimkan e-mail kepada alamat e-mail tertentu jika terjadi suatu event. Misalnya e-mail berisi kondisi abnormal/alarm, atau berisi informasi kondisi gedung. Dengan adanya Real Time Clock pada CPU 224, e-mail ini bisa dikirimkan secara reguler setiap harinya. Selain email, juga dimungkinkan pengiriman file melalui FTP (File Transfer Protocol).

Apakah PLC 1 bisa berkomunikasi atau bertukar data secara langsung dengan PLC 2 melalui Ethernet? Sejauh yang kami coba (dan baca), hal tersebut tidak memungkinkan jika hanya menggunakan S7 200 karena sifatnya hanya sebagai Slave. Misalnya, jika diberikan 1 PLC S7 300 sebagai Master, maka bisa digunakan perintah XPUT dan XGET dari ladder diagram. Hal tersebut membuat pertukaran data antar PLC dimungkinkan. Untuk saat ini, komunikasi dilakukan dengan memanfaatkan Wonderware InTouch (dengan script tertentu) sebagai perantara. Berikut ini skema umum komunikasi Ethernet dari Siemens.

Komunikasi Siemens

Sebagai fitur tambahan, saat menggunakan skema di atas, kita bisa melakukan download program melalui kabel Ethernet (bukan lagi kabel serial). Sehingga download program dari jarak jauh juga dimungkinkan. Selain itu jika alamat IP suatu PLC kita ketikkan di browser, kita dapat mengamati status PLC serta melakukan beberapa fungsi lain. Berikut ini halaman web yang akan muncul.

web siemens

Demikian hasil uji kami. Semoga bermanfaat!

NB : Semoga ujiannya sukses Yefta! šŸ˜€

6 thoughts on “Komunikasi PLC Siemens S7 200 – Wonderware InTouch melalui Internet

  1. fathoni

    koreksi dikit mas handy, as my experience 6 tahun yang lalušŸ™‚ (wajar nie plc jadul soalnya, mungkin dua tahun lagi obsolete) ,,,, CP 243-1 ini bisa menggunakan S7 connection sampai 8 koneksi dan 1 koneksi untuk PG, jadi bisa melakukan komunikasi ke device S7 sebanyak 8 koneksi, itu diluar komunikasi ke OPC/DDE Server …… jadi untuk berkomunikasi antar S7-200 PLC (S7 Connection) gak perlu bantuan S7-300 atau S7-400 ,,,,

    kalo komunikasi nya lewat OPC/CPU Komputer secara anak kuliah sih sah sah aja, palagi kalo cuma level TA/Skripsi yang nguji juga mungkin gak tau (kayak saya dulu TA hehehe ) , tapi untuk di real plant komunikasi control level (PLC Level) sebaiknya tidak loncat/menggunakan media Supervisory Level (HMI)

    kasus terjeleknya seperti ini : dua unit produksi yang saling berhubungan / tukaran data lewat OPC/CPU Komputer, seperti yang kita tau CPU komputer yang berbasis windows memiliki availability / reliability yang lebih rentan untuk stop (virus, multitask, etc), bisa dibayangkan aja dua unit produksi yang harusnya beroperasi 24 jam stop cuma gara2 komputernya ngehang atau restartšŸ™‚

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Salam mas Fathoni, betul ini memang koneksi yang sifatnya “sementara” saja. Pasti bukan skema yang baik untuk permanen. Hanya saja kami belum menemukan cara untuk langsung koneksi antara S7 200 dengan S7 200 yang lain. Data dari handout menggunakan XPUT dan XGET, berupa instruksi di ladder diagram, tapi tidak saya temukan di Step 7/Micro Win. Ada saran untuk cara koneksi langsung mas Fathoni? Thanks before..

      Like

      Reply
      1. fathoni

        XPUT dan XGET hanya ada di Step 7 prof (Simatic manager) untuk S7300/400

        saya lagi cari contoh programnya tapi belon ketemu , penjelasannya seperti ini :

        di PLC 1 dibuat 2 koneksi , sebagai server dan sebagai client
        koneksi pertama sebagai server untuk komunikasi ke DASSIDirect
        koneksi kedua sebagai client untuk request dan transfer data dari/ke PLC 2
        menggunakan library ETHx_XFR sebagai transfer/request data, library ETHx_XFR akan otomatis di create saat kita set konfigurasi di ethernet wizard, detil programmingnya uda ada contohnya di manual CP 243-1

        di PLC 2 dibuat 1 koneksi saja, sebagai server, server untuk ke PLC 1 dan DASSIDirect

        Like

        Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s