Sharing ilmu SCADA di SMKN 1 Bontang

Sekitar 2 minggu yang lalu saya mendapat kesempatan untuk memberi pelatihan SCADA selama 3 hari untuk guru – guru SMKN 1 Bontang. Pengalaman yang menarik (selain karena alam Kaltim yang indah dan pribadi – pribadi yang ramah) karena harus mengajar sekitar 18 orang dengan waktu yang terbatas.

Bersama guru - guru SMKN1 Bontang

Bersama guru – guru SMKN1 Bontang

Selain itu juga muncul pemikiran dalam benak saya, “mana batasan yang cocok diberikan untuk siswa SMK?”, “mana yang cocok untuk mahasiswa?”. Kebetulan beberapa waktu terakhir saya sering berkomunikasi dengan beberapa guru SMK karena SCADA muncul sebagai kompetensi dasar bagi siswa SMK bidang otomasi industri.

Kembali kepada batasan, karena siswa SMK lebih fokus untuk menjadi pelaksana (operator), maka konsep SCADA beserta penerapan untuk Human Macihne Interface (tanpa database, jaringan) dalam skala dasar (1 PC, 1 PLC) kemungkinan besar sudah cukup. Jika ingin dikembangkan, mungkin lebih baik kepada penerapan peralatan di PLC yang dimonitor dan dikendalikan dari SCADA Software.

Sedang untuk mahasiswa, sebaiknya menguasai konsep SCADA yang lebih luas, meliputi jaringan PLC, jaringan komputer, database, beserta fitur – fitur SCADA lainnya. Pengembangan bisa kepada integrasi bidang ilmu otomasi dengan IT.

Sekarang, waktunya santai di Bontang Kuala..šŸ˜€

_MG_5815 kecil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s