Wonderware Historian & Historian Client

Beberapa minggu terakhir saya mempelajari Wonderware Historian dan Historian Client (kedua program ini termasuk dalam Wonderware Development Studio). Dengan sedikit bantuan dari Pak Hartanto (PT. Trimaxindo Adimitra), saya mulai memahami konsep keduanya saat dihubungkan dengan Wonderware InTouch. Berikut ini pemahaman sederhana saya.

Note : tulisan ini hanya memberikan konsep umum, bukan tuntunan “step by step”

Wonderware Historian

Secara umum, fungsi WW Historian hanyalah mengatur supaya data dari WW InTouch (berupa memory tag atau I/O tag melalui I/O Server) dapat disimpan dalam database Microsoft SQL Server. Berikut ini gambaran umum WW Historian dari Pak Hartanto.

historian

Konfigurasi dilakukan pada 2 bagian. Bagian pertama ialah System Management Console (SMC) yang sudah dilengkapi dengan Historian pada waktu instalasi. SMC ini dapat diakses pada folder Wonderware – Historian  di Start Menu.

SMC historian 1

Setelah itu bagian ke dua yang perlu dikonfigurasi ialah pada SQL Server Management Studio, media konfigurasi bawaan dari MS SQL Server.

SQL Management Studio - historian

Jika kita hanya menggunakan WW Historian, maka tidak ada hasil yang dapat dilihat oleh user, sehingga dibutuhkan SQL Client untuk melakukan query terhadap database MS SQL Server di atas. Query secara umum dapat dilakukan melalui SQL Server Management Studio, namun untuk kebutuhan aplikasi diperlukan suatu SQL Client yang dibuat terpisah. SQL Client bisa memanfaatkan WW Historian Client atau program buatan sendiri dengan bahasa pemrograman umum.

Wonderware Historian Client

Seperti pada tulisan di atas, WW Historian Client berfungsi untuk memberikan visualisasi yang dibutuhkan user dengan data dari database (via WW Historian). Visualisasi dapat berupa trend (real time dan historical), hasil query dalam tabel, report pada MS Word, dan workbook pada MS Excel. Aplikasi trend dan query bersifat standalone, sedang aplikasi report dan workbook hanya menambahkan Add-Ins Historian pada MS Word dan MS Excel.

Berikut ini contoh aplikasi trend pada WW Historian Client.

Trend

Ada kalanya WW Historian Client digunakan sebagai media belajar untuk memahami bahasa query database melalui WW Historian.  Hal ini karena biasanya muncul kesulitan yang diakibatkan oleh syntax yang digunakan sedikit berbeda dengan bahasa SQL biasa.

Demikian sekilas dari saya. Semoga bermanfaat!

7 thoughts on “Wonderware Historian & Historian Client

  1. fathoni

    software yang mengatasi masalah sinkronisasi trending untuk redundant aplikasi intouch🙂 cuma kayaknya nie software kurang laku, mungkin baru nestle yang make secara besar2an (include system platform IAS), user lebih seneng pake langsung dari intouch ke SQLServer + scripting di sisi aplikasi client (web base, excel)

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas Fathoni, menurut saya kurang laku karena mahal, bukan karena performa, sehingga perusahaan lebih senang buat script sendiri di sisi client.
      Kalau dari pengalaman temen, WW Historian sendiri sangat cepat untuk menangani ratusan tag yang direkam ke dalam database secara bersamaan.

      Like

      Reply
      1. fathoni

        ya kalo performa emang ga diragukan,,, tapi bukan berarti kalo build script sendiri gak bisa handle ratusan history tag, lagi lagi tergantung engineernya🙂

        Like

        Reply
  2. sholeh

    pak Handy, klo mau ketemu dengan sampeyan dan diskusi gitu kapan ya bisanya dan dimana?? saya baru di dunia automation🙂
    #maaf komentar tidak berkaitan dengan topik..

    Like

    Reply
  3. gugus

    dear pak Handy,

    salam kenal. artikel nya bagus. ditunggu di update tutorial step by step penggunaan historiannya pak🙂. btw klo mw ketemu untuk diskusi soal otomasi bisa g pak? sy beginner di dunia otomasi.

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s