Simulasi I/O pada Wonderware InTouch dengan KepServerEx 6.6

Saat memprogram HMI dengan Wonderware InTouch, jika kita tidak memiliki PLC dengan I/O fisik, kita bisa melakukan simulasi I/O (salah satunya) dengan KepServerEx. Posting kali ini akan membahas hal tersebut, dengan asumsi anda memahami bagaimana memprogram Wonderware InTouch. Tulisan sdr. Amar berikut membantu saya untuk melakukan konfigurasi.

KepServerEx ialah sebuah program yang menyediakan OPC server dan OPC client dengan demo version yang dapat digunakan selama 2 jam. OPC ialah protokol terbuka yang dapat digunakan untuk komunikasi berbagai brand peralatan atau software otomasi industri. Anda bisa membaca posting lama saya tentang OPC dan KepServerEx di sini.

Pengaturan di KepServerEx 6.6

Bukalah halaman “KepServerEx Configuration”. Pada bagian “Connectivity” lakukan klik kanan, dan pilih “New Channel” untuk membuat Channel baru.

Akan muncul berbagai tipe channel, sesuai dengan pilihan saat anda meng-install KepServerEx. Pilihlah tipe “Simulator”, karena kita memerlukan simulasi I/O. Berilah nama channel anda, misalnya “ChannelSim”.

Setelah itu, kita membuat device baru dengan melakukan klik kanan pada “ChannelSim” dan memilih “NewDevice”. Tidak ada yang secara khusus perlu diubah. Berilah nama, misalnya “Device Sim”.

Kemudian buatlah tag dengan melakukan klik kanan pada area tag dan pilih “New Tag”.

Berilah nama tag, misalnya “input1”, dan berikan address yang sesuai. Karena saya ingin membuat simulasi input diskrit, saya memberi tipe Boolean: “B0000”.

KepServerEx memberikan bantuan berupa daftar address yang sesuai untuk tipe data tertentu. Klik kiri di bagian paling kanan di “Address”, dan halaman berikut akan muncul.

Saya membuat 3 buah tag: analog (K0000), input1 (B0000), dan Random1 (RANDOM(1000,1,1000)). Tag terakhir mengacu pada fungsi Random (“RANDOM(Rate, Low Limit, High Limit)) yang menghasilkan bilangan acak dari 1 – 1000 dengan kecepatan 1000 ms.

Pengaturan di Wonderware InTouch

Di Wonderware InTouch, saya juga membuat 3 buah obyek yang akan mengakses tag pada “ChannelSim”: input1 (I/O discrete), analog (I/O integer) dan bil_random (I/O real). Selain itu saya membuat real time trend untuk menampilkan tag “Sine1” (gelombang sinusoidal) dari channel “Simulation Example”. Berikut ini halaman di InTouch.

Berikut ini pengaturan untuk tag “input1″, pada bagian “Item” diisikan nama tag yang didaftarkan pada KepServerEx. Meski saya buat sama, tapi tagname di InTouch tidak harus sama dengan item.

Berikut ini pengaturan access name untuk tag di atas.

Bagian application name harus diisi “server_runtime” untuk KepServerEx 6. Sedang topic name harus diisi: “ChannelName_DeviceName”. Sesuai dengan konfigurasi sebelumnya, maka topic name yang saya gunakan: “ChannelSim_DeviceSim”.

Sedang untuk tag wave (I/O real) pada real time trend, dengan prinsip yang sama, saya menggunakan pengaturan access name sebagai berikut.

Simulasi melalui OPC Quick Client dari KepServerEx

Simulasi bisa dilakukan dengan memilih icon “OPC QC” di bagian kanan atas KepServerEx Configuration. Setelah terbuka, pilih bagian “ChannelSim.DeviceSim”, sehingga area sebelah kanan akan menampilkan tag yang kita buat.

Untuk melakukan perubahan nilai tag, pilih semua tag, klik kanan dan pilih “Synchronous Write…”.

Halaman di bawah akan muncul. Isikan nilai yang anda inginkan pada kolom “WriteValue”, dan anda dapat melihat hasilnya pada aplikasi InTouch (via WindowViewer).

Berikut ini video yang menunjukkan hasil simulasi pada Wonderware InTouch dengan I/O dari KepServerEx.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s