Akademis

Berikut ini beberapa aktivitas akademik yang saya lakukan sebagai dosen: memberikan kuliah pada mahasiswa dan melakukan penelitian.

Kuliah

Mengajar dan memberdayakan orang lain (sebenarnya) ialah mimpi saya sejak kecil. Dan impian itu terwujud sekarang!

Saat ini saya mengajar di  Teknik Elektro, Universitas Kristen Petra, Surabaya. Berikut ini mata kuliah yang sedang (dan pernah) saya asuh :

  • Automasi 1 (sampai sekarang)
  • Automasi 2 (sampai sekarang)
  • Digital Control (sampai sekarang)
  • Dasar Sistem Kontrol
  • Sistem Kontrol
  • Teknik Kendali dalam Industri

Blog ini memuat beberapa bagian dari bahan perkuliahan atau pengalaman – pengalaman selama perkuliahan.

(NEW!) Download slide mata kuliah “Automasi 1” (semester Ganjil 2008/2009) :

  1. Pengenalan Otomasi Sistem
  2. Relay
  3. PLC Hardware
  4. Dasar Pemrograman PLC
  5. PLC Timer
  6. PLC Counter
  7. Addressing & Instruksi Dasar PLC Omron (dan merk lain)
  8. Instruksi Lanjut PLC Omron
  9. PLC Wiring
  10. Interfacing Device to PLC (new)

Riset

Riset yang selama ini saya lakukan di bidang sistem kontrol dan otomasi sistem berkisar pada : aplikasi praktis sistem kontrol, otomasi sistem berbasis PLC, dan pengembangan SCADA software. Saat ini bidang penelitian saya juga mencakup robotika dan artificial intelligence terkait dengan topik studi S2 dan S3 (ongoing) saya.

Berikut ini beberapa buku dan paper terkait otomasi yang saya publikasikan di jurnal dan konferensi. Untuk publikasi lengkap yang mencakup bidang robotika dan AI dapat dilihat di sini.

Buku

  1. H. Wicaksono, Unofficial Beginner’s Guide to S7-200 Siemens PLC.  Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu, 2013.
  2. H. Wicaksono, SCADA Software dengan Wonderware In Touch; Dasar-Dasar Pemrograman. Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu, 2012.
  3. H. Wicaksono, Programmable Logic Controller; Teori, Pemrograman dan Aplikasinya dalam Otomasi Sistem. Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu, 2009.

Jurnal Nasional

  1. Y. N. Santoso, H. Wicaksono, P. Santoso, “Sistem SCADA Berbasis Internet Untuk Model Otomasi Bangunan”, Dimensi Teknik Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 18-23, 2013. [pdf]
  2. H. Wicaksono, R. Lim, W. Sutanto, “Perancangan SCADA Software dengan Wonderware InTouch Recipe Manager dan SQL Access Manager pada Simulator Proses Pencampuran Bahan”, Jurnal Teknik Elektro – Universitas Kristen Petra, vol. 8, no. 1, Mar. 2008.
  3. H. Wicaksono, C. Udayana, H. Ferdinando, “Communication Between TSX Micro 37-21 PLCs on Beverage Production Plant”, Jurnal Teknik Elektro – Universitas Kristen Petra, vol. 6, no. 2, Sep. 2006.
  4. A. Susiono, H. Wicaksono, H. Ferdinando, “Aplikasi SCADA System pada Miniatur Water Level Control”, Jurnal Teknik Elektro – Universitas Kristen Petra, vol. 6, no. 1, Mar. 2006.
  5. H. Wicaksono, “Analisa Performansi dan Robustness Beberapa Metode Tuning Kontroler PID pada Motor DC”, Jurnal Teknik Elektro – Universitas Kristen Petra, vol. 4, no. 2,  Sep. 2004.
  6. H. Wicaksono, J. Pramudijanto, “Kontrol PID Untuk Pengaturan Kecepatan Motor DC Dengan Metode Tuning Direct Synthesis”, Jurnal Teknik Elektro – Universitas Kristen Petra, vol. 4, no. 1, Mar. 2004.

Seminar Nasional

  1. Handy Wicaksono, Resmana Lim, Meirudy Lesmana. Pembuatan Web SCADA Software untuk Pengendalian Miniatur Rumah Cerdas Berbasis PLC Omron. SITIA (Seminar on Intelligent Technology and Its Applications) 8. Surabaya, 9 – 10 Mei 2007
  2. Thiang, Handy Wicaksono, David Gunawan Sugiarto. Kontrol Mesin Bor PCB Otomatis dengan Menggunakan Programmable Logic Controller. SITIA (Seminar on Intelligent Technology and Its Applications) 8. Surabaya, 9 – 10 Mei 2007
  3. Ferdinando, H., H. Wicaksono, R. Mintaraga. Kendali Posisi Menggunakan Fuzzy Logic Berbasis Programmable Logic Controller. SNASTI (Seminar Nasional Sistem dan Teknologi Informasi) STIKOM. Surabaya, 2006
  4. Handy Wicaksono, Resmana Lim, Rudi Tjahjono. Perancangan Sistem SCADA untuk Pengendalian Smart House dengan PLC Omron CPM1 Berbasis Visual Basic 6.0 dan MS Access. Seminar Nasional Tenaga Listrik dan Mekatronik 2006 LIPI. Bandung, 27 – 28 Juli 2006
  5. Thiang, Suprapto, Handy Wicaksono. Kontrol Robot Pick And Place Dengan Menggunakan Programmable logic Controller. SEMCI (Seminar Nasional on Electrical, Mechanical, Civil Engineering and Its Application) Universitas Mataram. Mataram – NTB, 17 September 2005
  6. Handy Wicaksono, Handry Khoswanto. Perancangan Sistem SCADA untuk Penalaan Kontroler PID pada Pengaturan Kecepatan Motor DC. Seminar Nasional Otomasi II – The World Of Automation 2004 – Universitas Katolik Parahyangan. Bandung, 2 – 3 Desember 2004
  7. Josaphat Pramudijanto, Handy Wicaksono. Implementasi Kontroler PID pada Modul ASCII untuk Pengaturan Kecepatan Motor DC dengan PLC 200H. SITIA (Seminar on Intelligent Technology and Its Application) ITS, 2003

46 thoughts on “Akademis

    1. Handy Post author

      Halo PLC DROID, 4 tahun ini saya sedang studi lanjut di Australia. Lumayan sibuk dan stress :). Awal bulan depan saya akan kembali ke Indonesia, semoga bisa segera aktif lagi menulis di blog. Terima kasih

      Like

      Reply
  1. Pram

    Terimakasih pak atas materi nya.
    saya baru mulai belajar mengenai plc,apakah ada software yang bisa membuat simulasi plc dan hmi pak?

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Untuk simulasi sederhana PLC bisa dengan Zelio Soft, namun juga ingin yang kompleks sepertinya tidak ada software yang gratis. Untuk HMI saya biasanya pakai Wonderware InTouch.

      Like

      Reply
  2. m.febriansyah

    Salam kenal Mas Handy……Salut karena masih mau share ilmu PLC dan SCADAnya…
    Bukunya sudah pernah saya beli….tapi bingung menggunakannya….software wonderwarenya ga ad yg gratisan….ada solusi ga mas handy….terima kasih

    Like

    Reply
  3. Benny

    Blog yang bagus, materinya mudah dimengerti dan dipahami… Sukses terus, smoga makin banyak inspirasi utk berbagi… Salam kenal mas handy….

    Like

    Reply
  4. panji

    maaf mas hendy saya panji , pingin bisa belajar dan menguasai tentang plc
    tp pengalaman saya tentang plc nol bgt…..
    mohon di bantu dong?

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas Panji, PLC sebenarnya tidak sulitm bahkan jauh lebih mudah dari mikrokontroler.
      Biasanya kalau ada kesulitan karena tidak terbiasa saja dengan bahasa pemrogramannya (ladder diagram).
      Kemampuan umum yang harus dimiliki : logika dan mengetahui konsep relay.
      Untuk mempelajari bisa mulai dengan software simulator sederhana seperti Zelio software dari Schneider.
      Salam..

      Like

      Reply
  5. Maickle Sunary

    salam kenal mas handy,

    saya hanya lulusan smk, saya pengen belajar banyak tentang plc dan scada mulai dari nol.tetapi selama ini saya belum punya dasarnya,kira_kira bisa g y?
    mohon bimbinganya mas handy,thank.

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas Maickle, salam kenal juga.
      Tidak ada masalah mas, asalkan mau belajar saya kira pasti bisa.
      Memang kesulitannya ialah pada alat yang agak mahal, seperti PLC. Untuk belajar awal bisa menggunakan Zelio software dari Schneider. Gratis dan sangat intuitif, enak untuk belajar bagi pemula.
      Salam..

      Like

      Reply
  6. :D

    salam kenal mas Handy…

    saya minta ijin download file2 nya…
    saya basic di elektro arus kuat, ingin mengenal tentang sistem kontrol PLC dan SCADA…
    semoga ilmu dari mas Handy bermanfaat…
    thanks…..

    Like

    Reply
  7. erik pramana

    sorry mas ada kata2 yang salah intinya pengen beljar PLC ni ma mas han….gmna caranya tu.thanks gbu

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Halo mas Erik. Belajar PLC bisa sama siapa saja kok mas 🙂
      Kalau dari saya bisa baca buku saya atau artikel – artikel di blog saya ini, kemudian diskusi..
      Akhir bulan Juni nanti saya juga akan adakan pelatihan PLC, gabung saja kalau bisa (promosi nih.. :)..).
      Maju terus mas Erik!

      Like

      Reply
  8. erik pramana

    salam mas han, saya salut dengan mas handy yang udah menguasai PLC, mas boleh belajar nggak…PLC dengan Mas handy nggak..thanks..gbu

    Like

    Reply
  9. matho

    mat malam pa,ma kasih buat bantuannya telah memberikan banyak ilmu tentang PLC, masa bisa minta bantuan judul TA tentang PLC. ma kasih sebelumnya.

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Salam matho, sama sama..
      Judul TA dengan PLC? Kalau saya lebih suka melihat “sekeliling” saya (bangunan, peralatan sehari – hari, kasus industri, internet, dll) dan mempertanyakan “apakah sistem ini akan lebih baik jika dibuat otomatis? Bagaimana mewujudkannya dengan PLC?”.
      Kira – kira begitu mas. Selamat berburu judul TA..

      Like

      Reply
      1. matho

        iya mas handy , ma ksih buattopiknya.. saya mau mencoba membuat TA untuk bisa mengontrol lengan robot yang bisa mengambil barang-barang kecil..mohon bantuannya pa kalau punya informasi tentang hal itu.. Terima ksih.

        Like

        Reply
  10. Handy Post author

    Halo venty.. Teman lama nih..
    Trims ucapan selamt dan doanya ya..
    Btw, bulan lalu aku baru beri training SCADA pada guru SMK dari Banyuwangi, nantinya aku akan bantu buat modul praktikumnya juga..
    Trims dah mampir ven..

    Like

    Reply
  11. noventy prasetyaningsih

    Selamat ya…han
    Wah g nyangka…temen kuliah aku dah bisa bikin buku…
    Selamat juga atas pernikahannya, sorry g bisa hadir…moga cepet punya momongan ya….
    Ntar aku diajari SCADA lebih lanjut ya….mungkin tahun depan aku ngajar Otomasi di SMK (jurusan baru dibuka).Thanks sebelumnya

    Like

    Reply
  12. rama

    salam knal mas handy..
    trima kasih dah mau share ilmunya.. berkat baca tulisan mas saya jadi inget lagi ilmu yg saya pelajari di smk..
    thx ya mas

    Like

    Reply
  13. mul

    hebat,walaupun lg sibuk ngambil magister di its msh sempat bikin blog,bravo bung! salam u/p.handry(koq g tau nongol lg di 205,dicari pembimbingnya tuh)

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Salam kenal Pak Mul. Wah, blog ini bikinnya dah sebelum kul S2 pak :).
      Makanya bulan – bulan terakhir jarang nulis, gara – gara pusing dengan thesis :(..
      Trims apresiasinya pak.. Saya sampaikan salamnya ke pak Handry.

      Like

      Reply
  14. aji

    slam kenal juga mas..
    terimakasih atas motivasina..
    saya akan trus berusaha untuk bisa,..
    smg ilmu yg mas tuangkan disini mndapat pahala yg setimpal..

    Like

    Reply
  15. aji

    ikut gabung y mas..
    saya tertarik bgt tuk blajar PLC n SCADA..
    trutama SCADA krn intansi sy bekerja banak mnggunakan SCADA..
    tapi sya cuman lulusan sma,,sgt awam bgt mengenai ni..
    bs ga ntar sy mengerti stelah blajar,…
    mnta bimbingana ya mas..tkhs..

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Salam kenal mas Aji..
      Wah, silakan saja mas, saya bantu sebisa saya. Menurut saya dalam ilmu itu tidak ada batasan lulusan mana kok. Bisa saja dalam beberapa hal mas lebih hebat dari orang lain karena punya pengalaman langsung di lapangan, rajin belajar mandiri, dll..
      Keep on learning! Salam..

      Like

      Reply
  16. Sigit Priyanto

    Buat Mas Handy, blog ane masih dalam proses. Mungkin sebulan lagi ane baru berani uplaod, neh masih ngumpulin materi. Sebenarnye tahun kemarin udah pernah bikin blog, tetapi karena masih kuliah dengan beban tugas seabrek-abrek and kerjaan nyang numpuk banget so blog ane ngga keurus. Neh ane mulai bikin blog baru lagi and lebih semangat karena kuliah udah lulus tinggal mengembangkan ilmu lebih jauh.
    Trims buat semuanya Mas, mudah2an sharing ilmunya bisa bermanfaat

    Like

    Reply
  17. sigitpriyanto

    Sorry Mas Handy….
    Btw, salam kenal dari aye, ane dulu alumni ITS juga, tepatnya PENS angk 2002 lulus 2005, trus 2007 – 2009 nerusin di ISTN Jakarta sambil kerja.
    Ane kerja di salah satu perusahaan elektronika terbesar di dunia sbg staff R&D. Meskipun ane bukan ahli dalam bidang kontrol, namun ane pengen banget mengusai dunia pengontrolan meskipun ane basicnya di elektronika/instrumentasi. Mohon kiranya Mas Handy mau sharing ilmu ma ane
    Makasih buat segalanye…

    Like

    Reply
    1. handyw Post author

      Iye Mas Sigit.. :).. Mungkin ane yang harus banyak belajar dari ente.. Kite bisa tukeran ilmu aje ye.. 🙂
      Salam kenal juga, kalo lihat reputasi mas, tentu saya juga masih harus banyak belajar (btw, saya kurang banget di hardware :)..).
      Tapi ya gini enaknya ngeblog, bisa saling menimba ilmu dengan orang lain.. (btw, sampeyan juga punya blog?)

      Trims juga buat comment -nya..

      Like

      Reply
  18. handyw Post author

    Mas Sigit yang suka komplain :)..
    Trims, jadi inget kalo belum nerusin upload bahan dan update link..
    Syukur deh kalo berguna.. Salam..

    Like

    Reply
  19. Sigit Priyanto

    Selamat pagi,

    Maaf Pak Handy, mo complain lagi…hehehe…
    File mata kuliah no 6 sampai no 10 link nya tidak bisa dibuka
    Berkenankah untuk dibenerin lagi?
    Maaf sebelumnya kalo merepotkan
    Terima kasih banyak atas sharing ilmunya

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s