Koneksi Wonderware InTouch dengan PLC Siemens S7 1200 via OPC

Dalam posting ini saya ingin menjelaskan koneksi Wonderware InTouch dengan PLC Siemens S7 1200 via OPC (dengan bantuan KepServerEx). Hampir 7 tahun yang lalu saya menulis posting serupa untuk PLC Siemens S7 200. Saat itu sebagai OPC client digunakan produk “OPC Link” yang saat ini sudah digantikan oleh “Factory Suite Gateway”.

Berikut ini video yang menampilkan bagaimana mengubah status I/O fisik di PLC Siemens S7 1200 dapat ditampilkan pada Wonderware InTouch dengan protokol OPC.

Untuk mengkomunikasikan InTouch dan S7 1200 dengan protokol OPC, diperlukan OPC server (KepServerEx) dan OPC Client (FS Gateway). OPC Server bertugas untuk mengumpulkan data dari hardware PLC dan mengubahnya dalam format OPC. Sedang OPC Client bertugas untuk membaca data dari OPC server tersebut dan mengirimkannya ke HMI (InTouch). Berikut ini beberapa pengaturan yang perlu dilakukan. Diagram hubungan lengkap antar software dan hardware dapat dilihat di bawah.

Pengaturan pada KepServerEx

Pada KepServerEx, buatlah channel baru (misalnya “ChannelSiemens”) dan device baru (misalnya “PLC”).

Pada device “PLC”, yang perlu diatur ialah pilihan “Driver”: Siemens TCP/IP Ethernet. Kemudian pilih “Model: S7-1200″. Pada bagian”ID” masukkan IP address PLC anda (default: 192.168.0.1).

Jika anda tidak memiliki PLC fisik, simulasi bisa dilakukan dengan memilih pilihan “Simulated: Yes”. Jika anda terhubung dengan PLC, jangan lupa mengubah mode menjadi “Simulated: No”. Cara simulasi sama dengan apa yang saya jelaskan di posting sebelumnya.

Selain itu, yang perlu diperhatikan ialah bagian “S7 Comm. Parameters” khususnya di bagian penomoran “CPU Rack” dan “CPU Slot”. Defaultnya ialah 0 dan 1, namun bisa berubah jika setting anda di TIA Portal berbeda.

Setelah membuat channel dan device, kita perlu membuat tag. Nama tag bebas, namun untuk pengalamatan (“Address”) harus sesuai dengan aturan penamaan dari KepServerEx. Misalkan untuk input diskrit: I00.1, untuk output diskrit: Q00.1.

KepServerEx memberikan bantuan, jika anda menekan bagian paling kanan pada bagian address, akan muncul hint berikut.

Pengaturan pada SMC

Pengaturan FS Gateway dilakukan melalui SMC (System Management Console). Sebelumnya, pastikan anda sudah menginstall FS Gateway, dan dapat melihatnya di bawah “DA Server Manager” di SMC.  Jalankan SMC dan halaman berikut akan muncul.

Klik kanan pada “Configuration”, pilih “Add OPC Object”.

Pada OPC,atur “OPC Parameters” berikut,  atur “Server  Name: KEPWARE.KEPSERVEREX.V6“.

Klik kanan pada “OPC” dan pilih “AddOPCGroupObject”.

Beri “Device Group Name” dengan aturan “OPCObject_OPCGroupObject” (misalkan “OPC_DeviceGroup”). Kemudian isikan “OPC Item ID Prefix” dengan aturan: “Channel.Device.“: “ChannelSiemens.PLC.”.

Pada bagian “Device Items” berikan nama item (bebas) dan item reference (sesuai nama tag di KepServerEx).

Setelah melakukan konfigurasi, aktifkan FS Gateway dengan melakukan klik kanan dan pilih “Activate Server”.

Pengaturan pada Wonderware InTouch

Buatlah halaman dengan obyek – obyek berikut pada Wonderware InTouch. 2 buah lingkaran digunakan sebagai indikator input diskrit (alamat %I0.0 dan %I0.1), 2 buah persegi panjang digunakan sebagai indikator output diskrit (alamat %Q0.0 dan %Q0.1), dan slider digunakan sebagai indikator input analog (alamat %IW64).

Untuk pengaturan tag name dipilih tipe I/O, kemudian access name dan item harus dikonfigurasi. Item disesuaikan dengan item name di FS Gateway. Berikut ini contoh konfigurasi untuk I/O diskrit.

Sedang berikut ini contoh konfigurasi untuk I/O analog.

Untuk access name boleh dinamai apa saja. Node name dikosongkan karena dilakukan pada 1 komputer. Application name harus diberikan “FSGateway” dan topic name diberikan “OPCObject_OPCGroupObject” (misalkan “OPC_DeviceGroup”).

Running

Setelah semua konfigurasi benar, maka kita jalankan WindowViewer untuk melihat hasilnya.

Untuk mengecek status DeviceGroup dan status masing – masing I/O bisa dilakukan melalui bagian “Diagnostics” pada SMC berikut.

Kita juga bisa membuka OPC Quick Client dari KepServerEx untuk melihat status masing – masing tag sebagai berikut.

Semoga bermanfaat!

Catatan tambahan:

  • Saat mengadakan perubahan di SMC, jangan lupa melakukan save changes, jika tidak perubahan tidak akan tersimpan.
  • Saat mengadakan perubahan di SMC atau KepServer, matikan WindowViewer, kemudian nyalakan lagi.
  • Ada kalanya DA Server di SMC perlu di-deactivate lalu di-activate lagi.
  • “KepServerEx” dapat terus berjalan di background meski software sudah dimatikan. Hal ini dapat membuat Anda tidak bisa lagi mengakses setelah 2 jam. Untuk mematikan sepenuhnya, bisa dimatikan dari task manager, atau cukup restart komputer Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s