Konfigurasi DA Server untuk Komunikasi WW InTouch dengan PLC (Omron, Siemens, Mitsubishi) – Updated

Beberapa waktu lalu saya diminta dosen pembimbing (saat S1) di ITS untuk membantu mengkoneksikan PLC Mitsubishi Q Series dengan WW InTouch. Setelah mencoba beberapa jam, sayangnya belum berhasil. Ternyata kami temukan bahwa untuk koneksi serial dengan PLC tersebut harus ada tambahan modul komunikasi tertentu.

Update 19/06/2013 : koneksi dengan PLC Mitsubishi Q Series sudah berhasil dengan memanfaatkan modul komunikasi Ethernet (tipe QJ71E71), dengan DA Server DASMTEthernet

Setelah kembali ke lab saya di UK Petra, karena penasaran, saya mencoba koneksi PC – PLC dengan DA Server untuk mendalami permasalahan tersebut. DA Server ialah semacam driver untuk PLC. Sebelumnya, untuk PLC yang lebih lama, program yang digunakan ialah I/O Server. Berikut hasil uji sederhana yang saya lakukan pada beberapa merk PLC (Omron, Siemens, Mitsubishi).

DASOMHL untuk PLC Omron CPM 1

Untuk terkoneksi dengan PLC Omron CPM1, biasanya saya menggunakan I/O Server Omron Host Link (OmronHL), namun kali ini saya menggunakan DA Server : DASOMHL. Perubahan yang jelas ialah penggantian topic name dari “OmronHL” menjadi “DASOMHL”. Selebihnya secara umum sama. PLC Omron ialah salah satu yang paling mudah dikonfigurasi untuk InTouch. Berikut ini gambarannya.

Dari PLC Omron CPM1 tentunya menggunakan CIF01 sebagai port komunikasi serial.

DASSIDirect untuk PLC Siemens S7 200

Koneksi antara WW InTouch dan PLC Siemens S7 200 tidak bisa menggunakan komunikasi serial biasa, namun harus dengan modul komunikasi Ethernet (agak ironis karena harganya lebih mahal dari PLCnya). Kebetulan tahun lalu lab kami membelinya sehingga bisa mencobanya. Untuk topic name menggunakan “DASSIDirect”, dan pilihan protokol dengan SuiteLink (bukan DDE). Berikut ini konfigurasinya.

DASMTAQSerial untuk PLC Mitsubishi Q Series

Koneksi dengan PLC Mitsubishi inilah yang masih gagal saya lakukan beberapa waktu lalu. Setelah membaca  baik – baik manualnya, ternyata untuk komunikasi serial harus menggunakan modul  QJ71C24N (kebetulan modul ini tidak tersedia di lab yang bersangkutan). Untuk Topic Name diberikan “DASMTAQSerial”. Sehingga gambaran konfigurasi seharusnya seperti ini.

Note : Koneksi Wonderware InTouch dengan PLC Mitsubishi Q Series bisa dilakukan dengan “QJ71E71 Ethernet communications card” dan DA Server “DASMTEthernet”

Demikian gambaran umum dari konfigurasi DA Server untuk komunikasi dengan beberapa jenis PLC.

Semoga bermanfaat!

Note : untuk daftar DA Server bagi merk – merk PLC lain bisa dilihat di daftar Wonderware Device Connectivity Server berikut.

40 thoughts on “Konfigurasi DA Server untuk Komunikasi WW InTouch dengan PLC (Omron, Siemens, Mitsubishi) – Updated

  1. ravindra

    pak,,kemaren saya coba menghubungkan s7200 – intouch dengan menggunakan serial,,ternyata saya berhasil😀.. karne gak bisa dengan DASSIDirect saya menggunakan pc access bawaannya siemens.. saya di beritahun sama pak fathoni,,dan mungkin pak handy kenal..🙂

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Halo mas Ravindra. Sipp dech.. Bagus kalau bisa pake PC Access, saya belum pernah nyoba sih..
      Mas Fathoni teman di dunia maya mas😀.
      Btw saya kemarin juga (ternyata) bisa akses S7 200 dengan serial via OPC Server, kapan – kapan saya tulis. Salam..

      Like

      Reply
  2. ravindra

    pak handy, ada yang mau saya tanyakan,,,saya coba2 mau belajar untuk membaca range tegangan yang ada di sensor plc dan kemudian saya ingin menampilkannya di ww…berarti saya butuh rangkaian A/D converter ya pak?

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas Ravindra, jika PLC sudah ada Analog Input Module, maka dari sensor bisa langsung dimasukkan ke modul tersebut dengan tegangan yang sesuai (biasanya 0 – 10 Volt). Jika PLC tidak ada modul tersebut, bisa membuat ADC, sehingga beberapa buah discrete input digunakan untuk membaca masukan analog.

      Like

      Reply
  3. ravindra

    pak handy, saya bertanya lagi :D…heee..
    pak , untuk sensor LM35 yang ada di buku PLC bapak, di sini ditulis LM35 menghasilkan 0.1 v/1 derjat C, berarti 1 v/10 derjat C… pertnyaan saya pak, apakah perlu rangkaian “non inverting aplifier”? untuk suhu maks 100 derajat C ?yang berarti menghasilkan ouput 10 v.
    untuk plc nya kami sudah mempunyai modul input analog yang range nya 0-10 v.
    gimatu tuh pak ? untuk input LM 35 itu biasanya berapa ya pak ? mohon pencerahannya😦

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas Ravindra, prinsipnya anda membuat rangkaian signal conditioning yang bisa menghasilkan output 0 – 10 V supaya cocok dengan analog input PLC.
      Jadi misal suhu yang akan diukur pada range : 30 – 50 derajat, output sensor (3 – 5V) harus anda ubah (misal dengan penerapan span and zero pada OpAmp, coba cari referensi tentang OpAmp) sehingga output yang anda dapat 0 – 10V.

      Like

      Reply
  4. dimas

    pak, saya sedang mencoba menghubungkan Wonderware , RSLogix 500, RSLinx, RSEmu 500.. menurut sumber lain, seharusnya ada driver untuk konek PLC.. nama drivernya apa ya? misal :siemens harus di instal DASIDIRECT, omron DASOMHL.. nah untuk AB apa ya? terimakasih sbelumnya..

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas Dimas, untuk Allen bradley ada ABCIP3.0, Allen Bradley ABTCP DA Server, dll. Coba lihat file pdf yang saya tambahkan di akhir posting..
      Salam.

      Like

      Reply
  5. Pingback: Koneksi Wonderware InTouch ke PLC Siemens S7-200 via OPC | Ayo Belajar PLC dan SCADA!

  6. Indra Saputra (@IE_ND_R4)

    Selamat siang Pak Handy
    Saya lagi coba membuat water level kontrol, tetapi karena ketebatasan dana, jadi saya ga bisa membuat plant yang sebenarnya pak, nah yang mau saya tanyakan apakah kita bisa membuat suatu animasi pada WW Intouch yang terhubung dengan PLC tapi tidak terhubung dengan plant yang sebenarnya Pak ?

    Like

    Reply
    1. ravindra

      coba bantu2 dikit pak..😀
      bisa mas indra. tapi tergantung dr soft plc nya kayaknya. klo menggunakan simatic bisa sih. pake step 7. coba aja cari referensi nya , di website siemens.

      Like

      Reply
    2. Handy Post author

      Mas Indra, maaf lama sekali baru membalas. Tentunya bisa, berarti di PLC sebagai ganti sensor dan aktuator, mas bisa gunakan tombol dan lampu saja. Jadi semacam simulator gitu. Kalau yang analog bisa gunakan potensiometer dan VU meter. Good luck!

      Like

      Reply
  7. ravindra

    pak handy..
    bahas tentang profibus donk pak😦
    mungkin teman2 saya dan say belum mengerti , bagaimana sih komunikasi plc s7200 menggunakan profibus ? dan misalnya dihubungkan dengan intouch profibus drivernya pake apa yah 😦

    Like

    Reply
  8. shaumi arif

    Salam kenal pak Handy, saya shaumi mahasiswa ITS,
    mau tanya pak untuk mendapat DASOMHL itu download di mana ? barangkali bapak ada linknya, saoalnya saya dapat tugas ngoneksikan plc omron ke wonderware

    Like

    Reply
    1. Iwan Yd

      pake aja dassomfinsserial lebih mudah dari pada omron HL
      set model C200
      tambahan kalau pake CP series (CP1E, CP1L, CP1H) set model CJ1

      Like

      Reply
      1. jackiechandra

        makasih banyak nih mas iwan….
        tapi saya baru permulaannya nih…
        belum ke tahap implementasi….
        jadi maksud ane tutorial lengkap yang membahas komunikasi data PLC OMRON CP1E menggunakan ethernet device…

        Like

        Reply
  9. rizaldy

    asm wr wb

    mas kebetulan kemarin di beri tugas oleh dosen untuk membuat simulasi hmi dengan menggunakan plc mitsubishi (gx developer).

    nah kebetulan software hminya yg ada ww intouch.

    gmana cara menghubungkan hmi ww intouch dengan gx developer.?

    ya model contoh seperti menghubungkan cx-programmer dan cx-designer pada omron

    makasih
    ^^V

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      Mas Rizaldi, untuk CX programmer dan CX Designer karena dibuat oleh vendor yang sama (Omron) maka menjadi sangat mudah integrasinya.
      Untuk Mitsubishi dan InTouch tidak bisa diberlakukan hal yang sama. Jadi Anda harus membuat program dengan GX Developer, kemudian mengatur komunikasinya ke InTouch.
      Untuk itu perlu dicari dulu I/O Driver apa yang cocok. Dari catatan saya, untuk tipe A Series, bisa berkomunikasi dengan protokol serial melalui I/O Server : Melsec A Series. I/O Server ini ada di DVD Device Integration jika Anda membeli secara resmi.
      Hanya saja pengalaman saya membantu koneksi ke Mitsubishi, untuk modul komunikasi serial diperlukan tipe modul khusus, saya lupa tidak mencatat tipenya.

      Alternatif lain menggunakan OPC Server (misal KepServerEx) dan connect ke InTouch menggunakan OPC Link atau FS Gateway.

      Salam.

      Like

      Reply
  10. saurav walia

    I am having trouble connecting to a Q series PLC with Wonderwares DA Server. It looks like the register for bit access should go like this
    but this is not working. The help files for the server offers up other alternatives but they don’t work either. Anybody done this that can help?
    DASMTEthernet is the DAserver
    :notworthy:

    Like

    Reply
    1. Handy Post author

      I am sorry because I can’t assisst you with more concrete suggestion. Now I’ve been in abroad and far away from PLC, SCADA stuff. But I have tried it in the past, and it really works.

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s